Makanan untuk Kulit Tetap Sehat

Banyak orang yang peduli tidak hanya kesehatan umum mereka, tetapi juga kesehatan kulit mereka . Mendapatkan nutrisi terbaik yang Anda bisa sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit . Memang, meskipun tidak mungkin untuk mencegah proses penuaan kulit, nutrisi yang baik dapat membantu mempertahankan kulit yang menarik.

Bagaimana tubuh menangani radikal bebas? Untungnya, beberapa nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan dan lainnya menyehatkan kulit. Nutrisi ini dapat diperoleh sebagai suplemen, dari diet Anda, atau dapat diaplikasikan langsung ke kulit.

Makanan untuk Kulit Tetap Sehat

Vitamin A

Vitamin A melindungi terhadap photodamage, yang dihasilkan dari paparan sinar ultraviolet yang berkepanjangan (misalnya dari matahari). Photodamage berkontribusi terhadap penuaan dini dan selulit (yaitu hilangnya elastisitas kulit). Manfaat Kapsida: Vitamin A meningkatkan pertumbuhan kolagen, yang menjaga kulit tetap kencang dan bebas keriput, dan membantu melawan kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin A memiliki peran unik dalam mempromosikan kesehatan kulit, karena ia menekan kelenjar yang menghasilkan minyak dan mengurangi terjadinya jerawat . Ini juga bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel kulit, yang membantu membentuk lapisan pelindung kulit. Lapisan pelindung ini melindungi terhadap kondisi kulit dan penyakit tertentu, seperti psoriasisdan kulit kering. Vitamin A diperlukan untuk pemeliharaan dan perbaikan jaringan kulit. Akibatnya, status vitamin A yang buruk dapat menyebabkan kulit kering dan terkelupas.

Buah-buahan kuning dan sayuran hijau berdaun kaya sumber vitamin A. Selain itu, menerapkan krim yang mengandung vitamin A ke kulit dapat meningkatkan kulit yang sehat dan membantu mengendalikan jerawat.

Vitamin B kompleks

Dari semua vitamin B , biotin (vitamin B7) adalah yang paling penting yang ditemukan di kulit. Kekurangan biotin dapat menyebabkan dermatitis (reaksi kulit yang gatal dan bersisik). Biotin berlimpah dalam banyak makanan, termasuk pisang, telur, oatmeal, dan beras. Tubuh juga mampu membuat biotin sendiri.

Preparat krim topikal mengandung vitamin B dapat membantu memberikan kulit cahaya yang hampir seketika sehat, sambil menghidrasi sel dan meningkatkan nada keseluruhan. Niacin (vitamin B3) secara khusus membantu kulit mempertahankan kelembapan, sehingga krim yang mengandung nutrisi ini dapat membantu kulit Anda terlihat gemuk dan lebih muda dalam waktu yang sangat singkat. Niasin juga memiliki sifat anti- inflamasi yang dapat menenangkan kulit kering yang teriritasi. Dalam konsentrasi yang lebih tinggi, itu juga dapat bekerja sebagai agen pencerah untuk meratakan warna kulit bernoda. Menerapkan vitamin B topikal telah terbukti secara dramatis meningkatkan penuaan pada kulit manusia.

Vitamin C

Tubuh Anda tidak dapat membuat vitamin C sendiri , tetapi perlu untuk pemeliharaan kolagen. Komponen utama yang mendukung struktur kulit, kolagen dan elastin, dihancurkan oleh radikal bebas, yang mengarah ke pengembangan keriput.

Mendapatkan cukup vitamin C akan membantu menjaga kesehatan kulit. Sumber kaya vitamin C adalah buah jeruk dan sayuran seperti jeruk, jeruk nipis dan lemon. Stroberi, tomat, paprika manis, kacang hijau, paprika, brokoli, kembang kol dan sayuran hijau juga merupakan sumber yang baik.

Anda juga dapat menggunakan krim vitamin C topikal untuk merangsang produksi kolagen. Krim terbaik untuk kulit sehat adalah formulasi yang mengandung bentuk asam L-askorbat dari vitamin C, satu-satunya bentuk yang dapat menembus lapisan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi komponen lemak kulit dari efek merusak radikal bebas. Menerapkan body lotion yang mengandung vitamin E dapat membantu melindungi terhadap efek paparan sinar matahari, dan dapat menenangkan kulit kering yang kasar. Dalam kombinasi dengan vitamin C, vitamin E juga memberikan perlindungan dari efek merusak ultraviolet (sinar UV). Selain itu, faktor yang terkait dengan kerusakan DNA pada kulit tampak berkurang dengan meningkatnya status vitamin antioksidan. Vitamin E membantu memperlambat konversi kolagen larut, yang dominan pada kulit muda, menjadi kolagen tidak larut, yang merupakan karakteristik penuaan kulit. Suplementasi dengan vitamin E alami dapat memperbaiki tekstur kulit.

Sumber makanan kaya vitamin E adalah minyak nabati, kacang tanah, biji (misalnya bunga matahari), zaitun, brokoli, bayam dan asparagus.

Suplementasi dengan vitamin E mungkin diperlukan untuk membantu Anda mendapatkan cukup vitamin E. Namun, vitamin E dosis besar bisa berbahaya dan harus dihindari. Untuk berada di sisi yang aman, asupan harian vitamin E yang direkomendasikan adalah 400 IU atau kurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *