Imunoterapi Kanker Paru Sangat Penting

 

Kanker paru ialah penyakit yang secara diam-diam membunuh sebanyak 15 juta lebih orang dalam kurun waktu beberapa tahun saja. Hal ini tercatat di badan kesehatan dunia, WHO.

Salah satu penyebab angka kematian yang tinggi ialah akibat sulitnya mendiagnosis kanker paru secara dini. Sekitar 40% orang yang didiagnosis kanker paru, baru menerima diagnosis sesudah penyakit sudah berkembang. Satu dari tiga orang yang didiagnosis menderita kanker, ternyata telah menjangkau stadium 3. Berikut ialah beberapa firasat peringatan dari kanker paru yang jangan Anda abaikan.

 

Anda merasakan nyeri pada dada

Walau kanker paru yang hadir di tengah paru tidak mengakibatkan rasa sakit, jenis kanker tertentu akan membuat jaringan di luar area paru. Ini akan menyebabkan timbulnya rasa sakit. Kanker paru dapat mengakibatkan rasa sakit pada dada, bahu, atau punggung. Selain itu, kanker paru juga bisa menimbulkan rasa sangat tidak nyaman di seluruh area sekitar dada. Ini adalah penyakit yang ingin kita hindari.

Kanker paru ialah jenis kanker yang mempunyai harapan hidupnya rendah karena penyakitnya sering baru dideteksi di stadium lanjut. Kini ada pilihan penyembuhan teranyar guna kanker paru, yakni imunoterapi yang terbukti bisa meningkatkan harapan hidup pasien.

Anda bisa mendengar napas kita bersuara

Napas yang tersengal-sengal terjadi ketika paru berkontraksi, tersumbat, atau meradang. Napas yang tersengal bisa menjadi sebuah indikasi asma atau gangguan lain di saluran napas, termasuk paru-paru. Jangan mengabaikannya. Jika situasi tidak segera membaik, Anda butuh segera memberi tahu dokter. Lebih baik untuk memahami apa yang sebetulnya terjadi daripada berasumsi.

 

Di Indonesia, pengobatan kanker paru dengan imunoterapi sudah tersedia mulai bulan Juni 2017 di RS besar di seluruh Indonesia. Pengobatan ini mendapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai pengobatan kedua yang dilakukan setelah gagal dengan pengobatan konvensional misalkan pembedahan atau kemoterapi.

 

Pengobatan imunoterapi sudah bisa dilakukan di berbagai rumah sakit ternama di kota-kota besar. Di antara beberapa kota itu adalah Jakarta dan Surabaya

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *