Bagaimana Nasib Keamanan E-Commerce Di Masa Mendatang?

Sebagai konsumen, kita tentu sering melihat pemberitaan di media massa saat ini yang menyatakan bahwa ada banyak pemberitaan tentang pembobolan sistem keamanan di Internet. Akan tetapi dibalik itu semua, banyak para ahli sistem komputer dan para vendor yang menyatakan bahwa transaksi berbelanja di Internet bisa jauh lebih aman bila dibandingkan transaksi secara asli (konvensional), benarkah demikian?

Menurut para ahli, salah satu alasan utama yang menyebabkan terjadinya kebobolan kartu kredit adalah akibat kelalaian dari pegawai sebuah toko yang mengurusi pembayaran kartu kredit Anda ketika berada di toko. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika transaksi kartu kredit dilakukan secara online. Karena pada dasarnya sebuah sistem e-commerce akan melindungi data kartu kredit Anda melalui enkripsi nomor di server perusahaan. Namun kembali lagi, yang paling sulit adalah untuk meyakinkan konsumen di Indonesia bahwa berbelanja di e-commerce tersebut benar-benar aman bagi mereka.

ecommerce

Pasalnya, ketika Anda berbelanja menggunakan kartu kredit di sebuah toko konvensional, dan mendapatkan resi pembelian kartu kreditnya, maka ketika Anda membuangnya itu sama saja memberikan informasi kartu kredit untuk dicuri secara bebas. Hal ini tentu berbanding dengan sistem enkripsi dari sistem e-commerce, apalagi bagi perusahaan e-commerce yang juga sudah menggunakan layanan payment gateway Indonesia.

 

Lantas, bagaimana dengan nasib e-commerce kedepannya?

Bila kita melihat sejak awal kemunculannya di Indonesia maka bisa kita simpulkan bahwa untuk kedepannya, e-commerce di Indonesia akan memiliki nasib yang cukup cerah. Apalagi jika e-commerce serta Internet di Indonesia sudah semakin maju, maka kemungkinan untuk menjadi pusat perdagangan dunia pun pasti ada.Baca juga: mesin steam

Seiring perkembangannya pun, generasi milenial saat ini telah memberikan partisipasi yang cukup besar dalam hal ketertarikannya terhadap berbagai hal. Ini tentu memberikan kita pandangan bahwa saat ini roda ekonomi Indonesia tidak hanya bertumpu pada manufaktur saja tapi juga kepada kekuatan pasar itu sendiri.

Bahkan ada banyak pakar yang mengatakan bahwa dengan semakin tingginya minat generasi milenial atau masyarakat virtual saat ini di Indonesia, maka hal tersebut bisa membuat perusahaan-perusahaan besar menjadi goyang. Hasilnya, perusahaan kecil dengan produk berkualitas serta mereka yang memiliki pelayanan konsumen yang baiklah yang akan cepat diminati oleh konsumen saat ini.

Lewat bukunya yang berjudul Net Gain: Expanding Markets Through Virtual Communities, Hagel dan Armstrong berkesimpulan bahwa jika Anda memiliki perusahaan, maka janganlah melawan tren yang ada. Sebuah perusahaan yang cerdas justru secara perlahan turut membantu terciptanya masyarakat virtual ini demi mencapai target konsumen loyal mereka.

Selalu ingat bahwa keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi online adalah yang konsumen cari. Untuk itu, jika Anda berniat membangun startup e-commerce, maka gunakanlah sistem keamanan seperti payment gateway. Lihat: alat teknik

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>