Alasan Anda Seharusnya Membaca Al Qur’an Setiap Hari Walaupun Anda Tidak Memahaminya

Alhamdulillah… Semua ucapan terima kasih dan pujian yang sempurna adalah karena Allah Yang Maha Kuasa, yang telah menjatuhkan Al Qur’an. Saya mengirimkan damai dan berkah kepada siapa Al-Qur’an diturunkan, Ḥabībī Muḥammad, rumah tangganya, teman-temannya dan semua orang yang mengikuti jalannya yang dipandu sampai hari penghakiman.

Sebelum meletakkan  alasan Anda harus membaca Al Qur’an setiap hari, saya merasa perlu untuk menunjukkan bahwa membaca saja tidak memungkinkan Anda untuk mencapai yang terbaik dari Alquran. Demikian juga, surah al ikhlas memahami sendiri tidak membuat Anda murni dan Muslim yang lebih berpraktik. Anda perlu memahaminya, untuk menginternalisasi dan mempraktikkannya. Namun, kebutuhan untuk memahaminya, tidak pernah membatalkan kebutuhan untuk membacanya, juga tidak melemahkannya.

Sekarang, apa alasan Anda harus membaca Al Qur’an setiap hari bahkan jika Anda tidak memahaminya?

Alasan Anda Seharusnya Membaca Al Qur’an Setiap Hari Walaupun Anda Tidak Memahaminya

# 1: Perintah Pertama dan Firman Al-Qur’an adalah “Baca!”

Iya nih. Anda membacanya dengan benar. Kata pertama yang diwahyukan dalam Al-Qur’an adalah perintah yang mengatakan: “Baca!” Dengan kata lain, ayat pertama yang diturunkan pada Nabi tercinta kita ṣallā Allāhu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk ” Baca! Jadi, pertemuan pertama Nabi dengan Al-Qur’an sedang membaca. Karena itu Anda harus membaca. Baca … baca … dan bacalah Al Qur’an bahkan jika Anda tidak memahaminya. Semuanya dimulai dengan membaca.

Selain itu, nama ” al-Qur’ān ” aslinya berasal dari kata Arab ” Qa-ra-a / Qirā’ah” yang berarti “membaca”. Dalam bahasa Arab, Al-Qur’an disebut ” Al-Qur’an ” karena merupakan kombinasi dari ayat-ayat ( āyāt ) yang membentuk bab ( suwar ) untuk membuat buku untuk dibaca.

Selain itu, membaca memperluas pikiran Anda, memberi Anda kebijaksanaan dan membuat Anda tetap mendapat informasi. Itu jika Anda memahami apa yang Anda baca, bukan? Bagian berikut adalah sub-manfaat membaca Alquran, bahkan ketika seseorang tidak memahaminya.

# 2: Membaca Al-Qur’an Memurnikan Anda

Alasan kedua mengapa Anda harus membaca Alquran, meskipun Anda tidak memahaminya, adalah bahwa itu memurnikan Anda. Itu membersihkan hatimu. Itu mencerahkan tubuh Anda untuk ibadah. Al Qur’an terdiri dari kata-kata Allah.

Kata-kata Allah itu suci, dan dengan demikian dimensi spiritualnya berada di luar jangkauan dan visi kita. Apa yang tidak kita ketahui tentang dimensi-dimensi ini lebih dari apa yang kita ketahui. Oleh karena itu, memiliki manfaat yang tak terhitung, yang dicapai hanya dengan membaca.

Kita tidak bisa mencapai pemurnian jiwa kita ketika hati kita kaku dan mati rasa terhadap Al Qur’an. Ini benar bahkan jika kita memahami arti dari kata-kata Al Qur’an.

Untuk memungkinkan hati kita berfungsi, bebas dari penyakit bawaannya, membaca Alquran adalah solusinya. Selanjutnya, spiritualitas tidak berpengaruh berdasarkan pemahaman. Hal berikutnya yang Anda peroleh setelah pemurnian adalah perlindungan dari pelanggaran dan imoralitas.

# 3: Membaca Al-Qur’an Melindungi Anda dari Pelanggaran dan Imoralitas

Dilindungi dari pelanggaran dan amoralitas adalah bahwa Anda akan terlindungi dari terlibat dalam tindakan yang mengarah pada mereka. Untuk menyederhanakan ini, saya akan mengatakan, bantu saya untuk mencari seseorang yang membaca Al Qur’an dua hari sekali. Minimal adalah satu ayat, tetapi yang paling penting orang ini membacanya setiap hari. Jika Anda menemukannya, asumsi saya adalah bahwa Anda akan melihatnya dalam tingkat moralitas dan kebaikan yang lebih tinggi jika ia dibandingkan dengan seorang Muslim yang tidak membaca Alquran setiap hari.

Di sini, saya merasa penting untuk menunjukkan, bahwa membacanya setiap hari tidak termasuk membaca profesional untuk pekerjaan atau pembayaran. Oleh karena itu, jika Anda mengajarkan Al Qur’an setiap hari, atau Anda adalah seorang Imam yang memimpin doa setiap hari, harap kecualikan diri Anda. Pengecualian ini juga termasuk berpartisipasi dalam kompetisi Qur’an atau acara TV. Ini hanya karena, secara default setiap Muslim membaca Qur’an setiap hari dalam ṣalāhnya . Tapi itu tidak dihitung, sampai dia duduk dengan Alquran dalam sesi khusus, hanya antara Allah dan dia.

Selain dilindungi dari pelanggaran dan amoralitas, membaca Alquran juga melindungi Anda dari segala macam kejahatan .

# 4: Membaca Al Qur’an Melindungi Anda dari Segala Macam Kejahatan

Ya memang. Membaca Al Qur’an melindungi Anda dari kejahatan yang Anda tahu dan kejahatan yang tidak Anda ketahui. Kejahatan yang Anda dengar dan kejahatan yang belum pernah Anda dengar. Kejahatan yang dekat dengan Anda dan kejahatan yang jauh dari Anda. Kejahatan yang tampak dan jahat yang tak terlihat.

Membaca Al-Qur’an bahkan tanpa pemahaman itu melindungi kita dari bahaya kejahatan dalam diri kita juga. Godaan Anda untuk melakukan perbuatan dosa ditebang untuk dapat dikendalikan, insya Allah.

Juga, membaca Al Qur’an memberi peti perisai di sekitar Anda. Perisai ini tidak dapat ditembus oleh semua kejahatan semacam itu. Ketika Anda dilindungi dari semua jenis kejahatan ini, Anda mendapatkan kedamaian dan ketenangan.

# 5: Membaca Al Qur’an Menempatkan Anda pada Perdamaian dan Ketenangan

Orang-orang percaya mencapai kedamaian batin dan pelipur lara melalui mengingat Allah. Dan bentuk atau zikir terbaik adalah membaca Al Qur’an. Setiap ayat dalam Al Qur’an berfungsi sebagai zikir ( dzikir ). Tetapi tidak setiap Dzikir berfungsi sebagai Qur’an.

Dengan kedamaian batin, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengelola krisis dunia pengujian ini. Dengan pelipur lara, masalah yang lebih besar menjadi kecil, dan yang lebih kecil menjadi tidak ada, insya Allah.

Setelah Anda merasa damai dan tenang, Anda ditetapkan untuk sepuluh kali lipat hadiah per huruf, dijamin untuk pembaca Al-Qur’an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *